Sejarah Blog

Diperkirakan Weblog atau yang biasa disebut Blog pertama kali muncul sekitar tahun 1993 pada sebuah browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen di halaman What’s New. Browser ini adalah browser pertama sebelum kemunculan Internet Explorer dan Netscape.

Selanjutnya bermunculan Website yang bersifat pribadi lainnya salah satunya milik Justin’s Home Page pada awal tahun 1994. Blog ini kemudian merubah namanya menjadi Links from the Underground. Sampai tahun 1998 perkembangan Blog tidak begitu pesat dikarenakan hanya orang yang mengerti cara pembuatan website dan pemogramannya saja yang dapat membuat sebuah Blog, umumnya para netter saja saat itu berkecimpung didunia maya seperti System Administrator atau Web Designer yang dapat menciptakan Blog pribadi mereka sendiri.

Pada sekitar Juli 1999 muncul layanan pembuatan Blog online dan gratis bernama PITAS tetapi jumlah Blog tetap belum seberapa berkembang. Namun kebuntuan tersebut terjawabkan ketika Blogger.com pada Agustus 1999 dipublikasikan oleh sebuah perusahaan bernama Pyra Lab, Blogger .com memberi kemudahan bagi siapa saja untuk menciptakan Blognya sendiri tanpa harus mengerti secara mendalam mengenai cara pembuatan website maupun bahasa pemrogramannya, yang lebih menariknya lagi website ini memberikan layanannya secara gratis tanpa biaya sepeserpun.

Blogger.com mendobrak dunia internet dengan berkembangnya kegiatan Blogging dengan saat itu beranggotakan 100.000 blogger lebih dan pertambahan jumlah setiap bulannya sekitar 20%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *