PATENT URACHUS

Urachus adalah suatu saluran yang menghubungkan lumen kandung kemih dengan alantois yang terdapat pada fetus. Pada keadaan normal urachus menutup setelah hewan lahir dengan membentuk sikatrik pada apex dari kandung kemih, sedangkan fungsi urachus digantikan oleh uretra.

Patent urachus merupakan keadaan dimana penutupan saluran urachus tidak sempurna.

Tipe dari kelainan patent urachus yaitu :

Tipe 1.
Urachus sama sekali tidak menutup sehingga terdapat saluran antara kandung kemih dengan umbilicus. Tanda klinis terdapat iritasi pada kulit disekitar pusar karena urin juga keluar melalui umbilicus, dapat terjadi sistitis ringan.

Tipe 2.
Urachus tidak menutup pada bagian dalam sehingga terbentuk sinus/divertikulum pada kandung kemih.Tipe ini yang paling sering ditemukan pada anjing dan kucing. Tanda klinis terdapat sistitis kronis yang sulit disembuhkan, terjadi stasis urin pada divertikulum menyebabkan infeksi persisten atau pembentukan kalkuli.

Tipe 3.
Urachus tidak menutup dan membentuk sinus pada umbilicus, sedangkan kandung kemih normal. Tanda klinis terjadi infeksi persisten dan pembengkakan di daerah umbilicus pada anjing muda.

Tipe 4.
Urachus tidak menutup pada salah satu bagian saluran dan membentuk kista yang tidak berhubungan dengan kandung kemih maupun umbilicus. Tanda klinis menunjukkan ukuran kista bervariasi dan berisi cairan, kista yang terinfeksi dapat mengalami ruptura sehingga terjadi peritonitis.Jika tidak terjadi infeksi jarang menimbulkan tanda klinis.

Diagnosa terhadap patent urachus dengan dilakukan pemeriksaan klinis ( hanya dapat dilakukan pada tipe 1 ) dan peneguhan dengan pemeriksaan radiografi. Terapi bertujuan untuk memperbaiki kondisi agar keadaan tidak menjadi lebih parah maka dapat dilakukan tindakan operatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *