Walt Disney

Walter Elias Disney atau populer dengan nama Walt Disney adalah pendiri dari The Walt Disney Company yang terkenal dengan Film dan Taman bermainnya seperti Disneylanddan Disney Resort Paris. Walt lahir di Chicago, Illinois 5 Desember 1901 orang tuanya bernama Elias Disney dan Flora Call. Walt sekolah di Breton Grammar School dan lulus tahun 1917, serta pernah juga mengenyam pendidikan di Chicago Art Institute. Walt Disney muda sering aktif dalam kegiatan – kegiatan social seperti sebagi Pasukan Ambulans Palang Merah Amerika di Perancis pada saat Perang Dunia I.

Sebagai pendiri (dengan saudara lelakinya Roy O.Disney) dari Walt Disney Production, Walt menjadi satu produser gambar bergerak yang terkenal di dunia. Walt Disney secara khusus dicatat sebagai seorang produser film dan pemain sandiwara yang terkenal, sebagai penemu dalam bidang animasi dan desain penempatan suara (tema). Dia dinominasikan untuk memperoleh 48 akademi award dan 7 Emmy, serta memegang rekor untuk nominasi oscar terbanyak. Di tahun 1925 dia menikah dengan Lilian Bounds, yang pada waktu itu bekerja di Ink & Paint department di studio, dan mereka menikah sampai akhir hidupnya. Mereka mempunyai 2 putri, Diane dan Sharon. Meskipun Sharon adalah anak adopsi, Walt tetap merawatnya seperti anak kandungnya.

Walt pernah mendirikan perusahaan kartun yang bertema dongeng sekembalinya ke Amerika Serikat tepatnya di Kansasbernama Iwerks – Disney Commercial Artists tahun 1922. Perusahaan ini menghasilkan beberapa film kartun yang cukup populer seperti Alice’s Wonderland, namun sayang perusahaan tersebut bangkrut karena tidak bisa menghasilkan laba pada tahun 1923.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *