suharto

Soeharto Lahir di Kemusuk, Yogyakarta 8 Juni 1921. Lahir dari pasangan Kertosudiro dan Sukirah, dilahirkan ditengah – tengah keluarga sederhana ayahnya seorang pembantu lurah dalam pengairan desa menyambi petani.

Sosok Soeharto merupakan ciri khas sejati seorang prajurit, pernah terpilih menjadi prajurit di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Tengah pada tahun 1941. Resmi bergabung dengan TNI tanggal 5 Oktober 1945.

Setelah 2 tahun kemudian tepatnya pada tanggal 26 desember 1947, Soeharto menikah dengan Siti Hartinah anak seorang pegawai mangkunegaran yang dilangsungkan di Solo diusia 26 tahun. Dari perkawinan tersebut dikaruniai : Siti Hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmajo, Siti Hediati Herijadi, Hutomo Mandala Putra dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

Perjalanan Karir Soeharto :

  • Memulai dari pangkat sersan tentara KNIL.
  • Menjadi komandan PETA.
  • Komandan resimen dengan pangkat Mayor.
  • Komandan batalyon berpangkat Letnan Kolonel.

Prestasi Kerja Soeharto :

  • Tahun 1949 bersama pasukannya berhasil merebut kembalikota Yogyakarta dari Belanda.
  • Menjadi pengawal Panglima Besar Sudirman.
  • Menjadi Panglima Mandala ( Pembebasan Irian Barat ).

Pada tanggal 1 Oktober 1965 sehari setelah meletus pemberontakan G-30-S/PKI, Soeharto mengambil alih pimpinan Angkatan Darat. Karena jasanya dapat menumpas PKI Soeharto diangkat menjadi Pangkopkamtib oleh Presiden Soekarno. Pada bulan maret 1966, Jendral Soeharto menerimasurat perintah sebelas maret ( Supersemar ), yang berisi tugas mengambil keamanan dan ketertiban serta mengamankan ajaran – ajaran pemimpin besar revolusi Bung Karno.

Setelah ditolaknya pertanggung jawaban Presiden Sukarno, sidang istimewa MPRS tahun 1967 menunjuk Soeharto sebagai pejabat Presiden, kemudian dikukuhkan menjadi Presiden RI kedua maret 1968. Presiden Soeharto memerintah negeri ini lebih dari tiga dasawarsa lewat enam kali Pemilu, sampai akhirnya diturunkan paksa dengan demo besar – besaran mahasiswa dan mengundurkan diri pada tanggal 21 mei 1998.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *