Asal Nama Indonesia

Kata “Indoneisa” berasal dari kata“India ( dari bahasa latin untuk Hindia ) dan kata “nesos” ( dari bahasa Yunani untuk kepulauan ) sehingga memiliki arti Kepulauan Hindia.

Penggunaan kata“Indonesia” untuk wilayah nusantara mulai diperkenalkan pertengahan abad 19.Seorang pegawai pemerintah Inggris di Penang ( Malaysia ) dan redaktur majalahJournal of the Indian Archipelago and Eastern Asia bernama G.R. Loganmenggunakan kata “Indonesia” dalam artikelnya pada tahun 1850.

Istilah – istilah lain adalah Indonesisch,Melayunesians, Indonesier, Indosnesians banyak digunakan oleh guru – guru besarUniversitas di negeri Belanda seperti Van Vollen Hoven, Snouck Hougronje, R.A.Kern dan lain – lain. Namun kata “Indonesia” baru populer pada tahun 1884 dipopulerkan oleh Adolf Bastian.

Puncak pengenalan nama “Indonesia” adalah pada masa kebangkitan nasional, pemakaian kata ini oleh kaum nasionalis makin berkembang. Sebelum tahun 1920 dijumpai nama – nama seperti Indonesisch Verbondvan Studerenden, Indische Vereeniging, Indische Partij, Indonesisch Persbureau.Setelah tahun 1920 kata “Indonesia” lebih umum digunakan oleh orang – orang Indonesia dan mencapai puncaknya pada tanggal 28 Oktober 1928. Dan sejak itu pula dituntut kepada pemerintah Belanda untuk mengganti istilah NederlandschIndie dan Inlander dengan indonesie dan Indonesier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *