Rumah Sakit

Istilah rumah sakit berasal dari kata hospital ( rumah sakit ) dari kata latin hospes ( tuan rumah ). Pada awalnya sekitar abad pertengahan rumah sakit berfungsi sebagai penampungan orang miskin atau musafir, panti jompo maupun panti asuhan. Lamat laun seiring berjalannya waktu fungsi rumah sakit beralih sebagai tempat orang biasa dating untuk melakukan diagnosis atau terapi ringan serta meminta perawatan kesehatan.

Sejarah Rumah Sakit

Saat ini diketahui bahwa institusi pengobatan tertua didunia adalah kuil – kuil yang ada di Mesir. Selanjutnya diketahui Kuil Asclepius di Yunani memberikan terapi pengobatan kepada beberapa orang, yang kemudian ditiru bangsa Romawi sebagai kepercayaan di Kuil Romawi untuk Esculapius yang dibangun pada tahun 291 SM di Tiber.

Institusi resmi yang khusus untuk pengobatan pertama kali didirikan di India. Rumah sakit Brahmanti pertama kali didirikan di Sri Lanka sekitar tahun 431 SM, kemudian Raja Ashoka mendirikan 18 rumah sakit di Hindustan pada 230 SM lengkap dengan tenaga medis dan perawat.

Setelah kurun beberapa waktu setelah itu beberapa bangsa – bangsa didunia mulai mendirikan institusi pengobatan serupa yaitu diantaranya adalah :

  • Kerajaan Persia mendirkan Akademi Gundishapur yang merupakan rumah sakit didalamnya terlibat konsep pengajaran pengobatan dengan bimbingan tenaga ahli.
  • Valetudinari didirikan oleh bangsa Romawi untuk pengobatan budak, gladiator dan para prajurit. Tidak beberapa lama kemudian kepercayaan Kristiani mempengaruhi pelayanan medis disana. Pihak Gereja ditunjuk harus memberikan pelayanan Kesehatan kepada orang miskin, sakit, janda dan musafir. Setiap katedral harus menyediakan satu pelayanan Kesehatan. Salah satu Rumah sakit pertama yang berhubungan dengan Geraja adalah Saint Sampson di Konstatinopel dan Basil, bishop ofCaesarea.

Sedangkan dalam sejarah Islam mulai memperkenalkan standart pengobatan yang cukup tinggi sekitar abad 8 hingga 12. Rumah sakit dalam sejarah Islam mulai dibangun pada abad 9 hingga 10 dengan tatanan admistrasi Kesehatan yang sangat teraturr.

Perkembangan pesat dunia kesehatan terutama yang berhubungan dengan rumah sakit terjadi sekitar abad 16 hingga 17. Rumah sakit modern pertama yang didirikan di Inggris khusus menyediakan pelayanan dan pembedahan medis ( Guy’s Hospital ) atas prakarsa saudagar kaya Thomas Guy.

Jenis Jenis Rumah Sakit 

  1. Rumah sakit umum 

Melayani seluruh penyakit umum, biasanya memiliki intitusi perawatan darurat 24 jam. Rumah sakit jenis ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti bedah, bedah plastic, ruang bersalin, laboratorium, apotek dan sebagainya.

  1. Rumah sakit terspesialisasi

Rumah sakit jenis ini hanya melayani pengobatan tertentu seperti panyakit pernafasan, penyakit anak, trauma center.

  1. Rumah sakit penelitian/pendidikan

Rumah sakit penelitian/pendidikan adalah rumah sakit umum yang berikatan dengan kegiatan penelitian dan pendidikan pada akademi kesehatan tertentu.

  1. Rumah sakit lembaga/perusahaan

Rumah sakit ini biasanya didirikan oleh suatu lembaga/perusahaan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada anggota lembaga/karyawan perusahaan tersebut meskipun tidak menutup kemungkinan pada masyarakat umum.

  1. Klinik

Fasilitas medis yang didirikan hanya untuk melayani keluhan tertentu dan bersekala kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *